RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KD 3.12
Nama Satuan Pendidikan |
: SMK Daya Utama |
|
Mata Pelajaran |
: Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
|
Kelas /
Semester |
: XII/ 1 |
|
Alokasi Waktu |
: 3 x 8 JP |
|
Tujuan Pembelajaran |
KD 3 |
KD
4 |
Setelah mencermati materi
dari guru siswa dapat : 1. Mengklasifikasukan proses
produksi nassal 2. Mengurutkan proses produksi
massal 3. Menerapkan proses produksi massal 4. Merancang produksi massal 5. Melakukan produksi massal |
3.12
Menetapakan proses produksi massal |
4.12 Melakukan produksi massal |
IPK
3 |
IPK
4 |
|
3.12.1 Mengklasifikasikan proses produksi massal 3.12.2 Mengurutkan
proses produksi massal 3.12.3 Menerapkan proses produksi massal |
4.12.1 Merancang produksi massal 4.12.2
Melakukan produksi massal |
|
MateriPembelajaran |
Proses produksi massal |
|
Model
Pembelajaran |
Langkah Pembelajaran |
|
1. Pendekatan : Sientific 2. Strategi : Discovery Learning 3. Metode : Observasi, Demonstrasi, Diskusi dan Tanya Jawab |
Siswa merespon salam
dan pertanyaandari guru berhubungan dengan kondisi peserta didik
dan pembelajaran sebelumnya.
(religiusitas) Siswa menyimak
dan mencermati informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
( literasi) Mengamati (Stimulation) · Siswa mencermati, menganalisis dan mengidentifikasi
contoh-contoh proses produksi massal yang dibagikan guru melalui diskusi kelompok.
(kreatifitas, kritis) Menanya
(Problem Statement) · Siswa merespon pertanyaan tentang hal-hal yang
berhubungan dengan proses produksi massal yang dibagikan guru sehingga terjadi komunikasi interaktif.
(HOT’S) · Siswa menyusun pertanyaan tentang proses produksi massal. Mengumpulkan
informasi (Data Collection) · Siswa menuliskan
hasil identifikasi tentang proses produksi massal Mengasosiasi
(Verification) · Siswa mempresentasikan proses produksi massal · Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan yang dialami tentang proses produksi massal · Siswa menyimak umpan balik dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan proses produksi massal saran dan hasil observasi guru pada saat siswa berdiskusi,
mendemonstrasikan dan mempresentasikannya. Mengkomunikasikan
(Generalization) · Siswa menyempurnakan kembali tentang proses produksi massal berdasarkan umpan balik dari kelompok
lain dan guru. Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran, merencanakan tindaklanjut dengan merumuskan tugas individu untuk pertemuan selanjutnya. Siswa
dan guru menutup pembelajaran dengan doa,
dengan penuh
rasa syukur. (religius). |
|
Sumber /Media
Belajar |
||
1. Sumber Pembelajaran : ·
Buku PKK terbitan APMFI ·
Aplikasi/web yang relevan 2. Media / Alat Pembelajaran : ·
Laptop ·
Smart phone ·
Internet ·
Google class room Gup whatsapp |
||
Assesment : Penugasan dan tertulis menyelesaikan
soal-soal berkaitan dengan materi yang diajarkan tentang proses produksi
massal |
||
Mengetahui,
Bekasi, 13 Juli 2021 Kepala SMK
Daya Utama Guru Mata
Pelajaran Desy Rina, S.Si., M.M Ririn Aurina, S.Sos |
0 komentar:
Posting Komentar